Tarian Khas Jawa Barat

 

TARIAN KHAS JAWA BARAT


1. Tari Jaipong


Tari jaipong muncul pada tahun 1980an yang lahir dari kekreatifitasan para seniman Bandung, salah satunya yakni Gugum Gumbbira. Jaipong merupakan pengenmabangan dari ketuk tilu apabila dilihat dari perkembangannya dan dasar koreografernya.

2. Tari Merak


Tarian ini adalah kesenian yang berasal dari daerah Bandung. Tarian ini terinspirasi dari burung merak yang mempunyai bulu yang indah yang digambarkan lewat kostum yang dipakai oleh para penarinya.

3. Tari Topeng


Tarian khas Jawa Barat asli dari daerah Cirebon, termasuk Indramayu. Disebut tari topeng, karena saat menari penarinya menggunakan topeng. Tarian ini telah mengalami perkembangan dalam gerakan maupun cerita. Terkadang tari topeng dimainkan oleh seru penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

4. Tari Sintren


Tarian ini disebut mengandung unsur magis sehingga tidak boleh untuk dibuat mainan. Tari sintren ini biasanya dibawakan oleh seorang wanita yang mengenakan kostum khusus dan berkacamata hitam, sebelum melakukan tarian ini biasanya sang penari akan masuk ke dalam sebuah kurungan yang ditutup oleh kain.

5. Tari Ronggeng Gunung


Tari ronggeng gunung merupakan tarian asli khas Pangandaran. Menurut sumber tradisi perkembangan tari ronggeng gunung mengalami perubahan nama akibat generasi penerusnya.


Komentar